Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Manfaat Berpuasa Dibulan Ramadhan, No.5 Sangat Baik Untuk Pria

manfaat dan kebaikan puasa dibulan ramadhan


Bulan suci ramadhan ini adalah bulan yang sangat dinanti - nanti oleh seluruh umat muslim diseluruh dunia.
karena puasa ramadhan ini merupakan salah satu rukun wajib dalam islam maka mereka wajib mengerjakan puasa pada bulan ramadhan ini dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

maka bergembiralah ketika datangnya bulan ramadhan.
ada hadits yang mengatakan bahwa : "Barangsiapa yang bergembira dengan masuknya bulan Ramdhan. maka Allah akan mengharamkan jasadnya masuk nerka (amin)"

untuk itu bagi yang beragama islam jangan sampai lewatkan moment berharga ini, karena banyak sekali pahala dan manfaat yang bisa dirasakan dari puasa dibulan suci ramadhan ini.

namun tidak hanya umat muslim saja yg melakukan kegiatan puasa ini. banyak orang non muslim melakukan kegiatan puasa tersebut karena mereka merasakan dahsyatnya manfaat dari puasa tersebut.
biasanya yang sering melakukan puasa ialah mereka para dokter yang ahli dibidang kesehatan. karena mereka tahu bahwa puasa bisa mendatangkan banyak manfaat pada tubuh manusia.


Manfaat Puasa Dibulan Ramadhan


1. Mencegah Diabetes


Diabetes biasanya dialami oleh seseorang yang terlalu sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi.
hal tersebut bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes. maka dari itulah puasa sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin mencegah diabetesnya.

Namun bagi mereka yang sudah terkena diabetes apakah bisa hilang dengan melakukan puasa ?
semua kembali kepada niat dari seseorang tersebut. Niatkan saja puasa untuk suatu hal yang baik agar mendapat kebaikan juga.

Artikel terkait : Hal yang tidak boleh dilakukan pada saat berpuasa

2. Meningkatkan metabolisme tubuh


Puasa juga dipercaya dapat membantu untuk meningkatkan metabolisme pada tubuh manusia.
Dengan puasa maka sistem pencernaan tubuh akan beristirahat karena tidak ada asupan apapun yang masuk kedalam tubuh manusia.
dan itu akan membakar kalori tubuh secara efisien.

Itulah yang menyebabkan puasa dapat mengatur dan meningkatkan metabolisme pada tubuh manusia.


3.Membantu menurunkan berat badan


Dengan berpuasa maka manusia tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam.
akibat dari tidak makan dalam waktu yang cukup lama maka kemungkinan tubuh akan membakar sel-sel lemak berlebihan yang ada pada tubuh mereka yang berpuasa.

4.  Memperpanjang Usia 


Apakah dengan puasa bisa memperpanjang usia ? sebenarnya itu hanya ungkapan saja. karna yang bisa menentukan umur manusia hanyalah tuhan yang maha esa.

Namun sedikit penjelasan bahwa dengan melakukan puasa dapat menghilangkan sel-sel jahat yang digantikan dengan sel-sel yang baik pada tubuh.
dengan digantikannya sel-sel baik pada tubuh akan mengakibatkan manusia lebih terlihat sehat dan bugar ketika melakukan apa saja meskipun usianya sudah cukup umur.

jadi intinya bukan memperpanjang usia melainkan manusia akan terlihat lebih sehat dan awet muda.


5. Menyuburkan sel sperma


Apakah dengan puasa bisa menyuburkan sel sperma pada pria ?

dengan berpuasa akan meningkatkan hormon dengan jenis tertentu yang sangat baik untuk pria termasuk dalam meningkatkan kesuburan pada spermanya.
dengan begitu maka sel sperma pada pria yang berpuasa akan menjadi lebih subur.

Artikel terkait : 10 makanan dan minuman yang tidak boleh dicampur

6. Meningkatkan fungsi otak dan pikiran


Puasa menyebabkan pikiran menjadi tenang dan menurunkan hormon. hal tersebut bisa membuat pikiran manusia menjadi tajam sehingga dapat berfikir dengan tenang dan fokus.
banyak sekali orang yang melakukan metode puasa ini untuk meningkatkan kecerdasa pada dirinya.

7. Menghilangkan rasa stress pada pikiran


Stress pada diri seseorang diakibatkan karna sel pada otaknya terdapat dua jenis sel yaitu sel baik dan sel yang buruk.
percaya  atau tidak ketika seseorang sedang berpuasa maka sel yang buruk pada seseorang akan menghilang dan menyisakan sel yang baik pada otaknya, sehingga bisa menghilangkan stress pada seseorang tersebut.

untuk itu bagi yang sedang mengalami stress pada pikiran. metode berpuasa ini bisa dijadikan salah satu cara untuk menghilangkannya.


Itulah sedikit penjelasan mengenai manfaat dari berpuasa khususnya dibulan suci ramadhan.
sebenarnya masih banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh manusia ketika sedang berpuasa, namun hanya itu saja yang bisa disampaikan.
mungkin jika kalian mempunyai manfaat lainnya atau pengalaman baik yang dirasakan ketika sedang berpuasa silahkan berbagi kepada semuanya melalui kolom komentar yang sudah tersedia dibawah tersebut.

2 komentar untuk "7 Manfaat Berpuasa Dibulan Ramadhan, No.5 Sangat Baik Untuk Pria"