Iklan Billboard 970x250

pengertian Puasa Setengah Hari, Apakah Boleh Puasa Setengah Hari ?

Iklan 728x90

pengertian Puasa Setengah Hari, Apakah Boleh Puasa Setengah Hari ?

pengertian puasa setengah hari


Puasa adalah salah satu dari rukun islam yang wajib dilaksanakan oleh umatnya dibulan suci ramadhan. 
dalam bahasa arab puasa ini disebut dengan "Shaum"  yang artinya menahan diri dari hal-hal yang bisa membatalkan puasanya.
puasa ini diwajibkan bagi mereka yang sudah masuk kategori syarat wajib berpuasa.

Namun adakah puasa setengah hari ? seperti apakah pelaksanaan puasa setengah hari tersebut ?

Puasa setengah hari atau puasa beduk adalah puasa yang dilakukan dari terbitnya fajar dan berbuka pada saat adzan zuhur kemudian dlanjutkan lagi sampai adzan magrib.
biasanya yang mengerjakan puasa setengah hari ini adalah mereka anak kecil yang belum baligh namun ingin menjalankan ibadah puasa dibulan ramadhan.

Artikel terkait : Hal yang sebaikya dihindari ketika berpuasa

 hukum puasa setengah hari 

puasa setengah hari ini bisa dibilang tidak sesuai dengan kaidah dan hukum dalam islam, karena tidak ada hadis yang menjelaskan tentang puasa setengah hari.
puasa ini biasanya hanya dilakukan untuk anak-anak yang belum baligh atau belum terkena hukuman wajib untuk mengerjakan puasa full seharian.
namun bagi yang sudah baligh dan dikenakan hukum wajib untuk berpuasa tidak boleh mereka melakukan puasa setengah hari,
karena puasa setengah hari ini hanya untuk mendidik anak kecil yang belum dikenai hukum wajib berpuasa.

Jadi intinya puasa setengah hari ini hanya metode pembelajaran untuk anak yang belum baligh atau wajib puasa maka hal itu diperbolehkan, namun tidak memperoleh pahala dari puasa setengah hari tersebut.
dan jika sudah baligh dan dikenakan hukum wajib berpuasa maka harus melaksanakan puasa tersebut jika memang tidak ada halangan, apabila tidak puasa tanpa halangan maka akan mendapatkan dosa.

Artikel terkait : Manfaat Berpuasa Dibulan Ramadhan

Cara mengajarkan anak yang belum baligh untuk puasa

Diceritakan oleh sahabat yang bernama Rubayyi binti Mu'awwidz, beliau berkata : "Kami berpuasa setelah itu. Dan kami mengajak anak-anak untuk berpuasa. Kami membuatkan untuk mereka mainan dari bulu. Jika saat puasa mereka ingin makan, maka kami berikan pada mereka mainan tersebut. Akhirnya mereka terhibur dengan mainan tersebut sehingga mereka bisa menjalankan puasa hingga waktunya berbuka." (HR Bukhari)

Dikutipkan oleh Abu Ishaq Asy-Syairazy dalam kitab Al Muhadzab fi fiqhis Sayfi'i yang berbunyi :

"Adapun anak kecil, Maka tidak wajib baginya puasa. Karena ada hadis nabi SAW menjelaskan bahwa "Kewajiban diangkat dari tiga orang, 
yaitu anak kecil hingga ia balig, orang yang tidur hingga bangun, orang gila sampai ia sadar.: Anak kecil berumur tujuh tahun diperintahkan untuk berpuasa apabila ia kuat, 
dan anak yang sudah berumur sepuluh tahun dipukul jika meninggalkan puasa, diqiyaskan dengan shalat.”

Dari penejelaskan diatas mengartikan bahwa orang tua harus mendidik anaknya untuk berpuasa sejak umur 7 tahun.
dan jika sudah mencapai 10 tahun maka dipukul dengan pukulan peringatan bukan pukulan hukuman karena tidak mau melakukan puasa dibulan ramadhan.

namun kebanyakan tidak semua anak berusia tujuh tahun ini mampu melaksanakan puasa seharian full.
untuk itu metode puasa setengah hari ini bisa dijadikan referensi orang tua untuk anaknya yang belum mampu menjalankan puasa seharian.

hal ini dilakukan agar kelak jika sudah baligh dia mampu menjalankan puasa dengan seharian penuh.
dan bagi orang tua sebaiknya memberikan pengetahuan tentang puasa sebenarnya bahwa puasa yang dibolehkan dari mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari agar mendapatkan pahala yang besar.

Mungkin hanya itu penjelasan singkat mengenai puasa setengah hari.  mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan atau kata-kata yang tidak baik untuk dibaca, Silahkan berikan komentar pada kolom yang sudah tersedia dibawah tersebut.

SHARE

Related Posts

There is no other posts in this category.
Subscribe untuk update terbaru

Post a Comment

Iklan Tengah Post