8NquiGm24zTTdA1Cxmb4apg28zzZztBUPptvFDM0
Cara menghilangkan kaki kram pada saat berenang dan tidur

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Cara menghilangkan kaki kram pada saat berenang dan tidur



Kalian pasti pernah mengalami yang namanya kram pada kaki. apa yang kalian rasakan saat mengalami kram pada kaki ?
pasti rasanya seperti dikeroyok oleh semut bukan ?

kapan sih biasaya kita mengalami kram ? aktifitas apa yang bisa membuat kaki kita kram ?

banyak yang bisa membuat kaki kita kram, tapi saya hanya menyebutkan yang terjadi pada umumnya saja, yaitu :

  • Melakukan Aktivitas Renang

Kaki kram ini sering terjadi pada saat melakukan aktivitas berenang, biasanya ini disebabkan karena pada sebelum beraktivitas kita belum melakukan pemanasan dulu pada tubuh kita.

  • Tidur Keadaan duduk sila

Tidur dalam keadaan ini juga bisa membuat kaki kita kram, karena kaki kita tidak lurus dan tertekan oleh anggota tubuh yang lain.

Untuk itu saya akan memberikan cara bagaimana kaki kita tidak merasakan kram lagi dalam melakukan aktivitas apapun. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh banyak orang diseluruh dunia selama puluhan bahkan ratusan tahun.

1. Pijat

Biasakan memijat kaki sebelum atau saat kaki anda merasakan kram saat beraktivitas. Kabar baiknya adalah itu berhasil! Ingatlah lakukan dengan lambat, dan jangan terlalu banyak menekan. Jangan mencoba terburu-buru. Lanjutkan perlahan sampai otot mulai rileks dan Anda merasa lega.

2. Peregangan


Salah satu alasan orang mengalami kram kaki adalah karena mereka terlalu sering menggunakan otot tertentu. Jadi, jika Anda mengerjakan tugas tertentu, cobalah mengubah posisi Anda atau menggunakan kelompok otot lainnya. Jika Anda diam atau berbaring, cobalah bangun dan lakukan peregangan secara berkala. Intinya adalah agar otot kaki kalian tidak terasa keras atau kram lagi . Pada saat yang sama, Anda tidak ingin otot-otot kaki Anda menganggur, seperti ketika Anda duduk di kursi sepanjang hari.


3. Bergerak


Mungkin kram disebabkan karna kaki kalian tidak banyak melakukan bergerak. untuk itu banyaklah melakukan bergerak pada kaki anda. Kram disebabkan oleh otot yang tidak santai. Jadi, dengan memindahkan Anda dapat mengatur ulang proses itu di otak Anda dengan menyebabkan otot berkontraksi dan kemudian bersantai lagi.

4. Hangatkan kaki pada musim dingin


Menjaga kaki Anda tetap hangat di musim dingin juga dapat mencegah kram kaki. Tidak ada yang yakin mengapa pilek menyebabkan kram kaki, tetapi banyak yang berspekulasi bahwa pilek dapat menyebabkan otot kaki berkontraksi. cobalah hangatkan kaki anda pada malam hari agar kaki merasa lemas dan tidak kaku.

5. Kalsium


Kurangnya kalsium dapat menyebabkan kram kaki juga. Kalsium adalah elektrolit, yang, ketika rendah, tidak akan membiarkan otot-otot kaki Anda rileks. untuk itu, konsumsilah makanan dan minuman yang mengandung kalsium tinggi agar otot-otot kalian menjadi kuat dan sehat.

untuk mengetahui apa saja makanan dan minuman berkalsium tinggi silahkan kalian baca artikel ini :
Daftar makanan & minuman berkalsium tinggi


6. Rendam Air Hangat Sebelum Tidur


Jika Anda memutuskan untuk mencoba mandi kaki, pastikan Anda menggunakan garam epsom. Garam Epsom mengandung magnesium yang akan menyerap ke dalam kulit Anda untuk membantu dengan kram. Anda juga bisa mencoba mencampur cuka sari apel yang tinggi potassium. kedua kandungan ini dipercaya dapat membantu kaki menjadi ringan.

7. Banyak Minum Air


Sebagian besar waktu kram kaki disebabkan oleh dehidrasi. Cobalah minum banyak air sepanjang hari, terutama jika Anda terus mengalami kram. minum air juga dapat membuat tubuh anda merasa sehat dan bugar sehingga anda tidak merasa lemas saat melakukan aktivitas.

8. Kompres dengan Air Hangat


Jika Anda mengalami kram pada kaki saat dirumah, cobalah melakukan kompres kaki anda dengan air hangat. ini sering dilakukan oleh banyak orang ketika terjadi kram pada saat bangun tidur ataupun terlalu lama tiduran dikamar sehingga otot pada kaki menjadi kram.


Banyak sekali penyebab dari kram nya pada kaki yang mengggangu anda untuk beraktivitas normal. untuk itu anda bisa mengambil salah satu dari cara diatas yang menurut anda bisa membuat kram pada kaki anda hilang, dan untuk mencegahnya datang kembali jangan lakukan aktivitas yang bisa membuat kaki anda kram kembali. kalaupun ingin melakukan aktivitas itu kembali usahakan melakukan peregangan pada otot-otot kaki anda.
ingatlah untuk melakukan hal-hal yang menyebabkan kaki anda kram jangan lupa melakukan peregangan sebelumnya.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

  1. Keren dan bagus artikelnya sangat bermanfaat.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mas atas komentarnya semoga membantu

      Delete

Post a Comment

Iklan Tengah Post

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
Kode DFP2