8NquiGm24zTTdA1Cxmb4apg28zzZztBUPptvFDM0
7 kesalahan yang harus dihindari pada saat proses interview kerja

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

7 kesalahan yang harus dihindari pada saat proses interview kerja

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas kesalahan - kesalahan yang fatal pada saat proses interview.
kita tahu bahwa interview adalah satu proses yang sangat penting dalam perekrutan pekerjaan.
jadi jangan sampai kalian melakukan kesalahan yang fatal ini, karena sedikit saja kalian melakukan kesalahan itu akan menjadi penilaian yang berkurang bagi HRD.

jika kalian ingin tahu, sebenernya setiap HRD memiliki 3 penilaian terhadap pelamar yang ingin melakukan proses interview.
1. Kandidat Favorit
2. Kandidat Alternatif
3. Kandidat Reject

Jadi ada 3 tipe seseorang yang dinilai oleh HRD pada saat proses interview, untuk itu usahakan kita ada pada kandidat yang pertama yaitu kandidat favorit, jangan sampai dinilai sebagai kandidat yang ke dua apalagi ke tiga.


Baca Juga : Penilaian yang sering dilihat HRD saat interview


Untuk itu saya akan membahas 7 kesalahan yang harus kalian hindari pada saat proses interview.
apa saja kesalahan itu ? simak baik  - baik dibawah ini.


1. Penampilan Seadanya.
Penampilan yang dimaksud bukan hanya dari segi pakaian saja, tetapi bagaimana kalian menatap HRD, berjabat tangan dengan HRD, cara kalian bicara.
Semakin kalian bisa berlaku sopan, semakin kalian bisa berpenampilan baik, menarik dan rapih maka HRD akan memiliki kesan pertama yang baik kepada kalian.

2. Jangan Datang Telat.
Usahakan kalian datang paling lambat 15 menit sebelum interview dimulai. karna dengan itu kalian menunjukan komitmen kalian dan menunjukan bahwa kalian benar - benar ingin bergabung pada perusahaan tersebut.

dan juga menunjukan tanggung jawab kalian terhadap janji yang sudah disepakati sebelumnya. karna jika kalian bisa menunjukan tanggung jawab dengan datang tepat waktu setidaknya kalian sudah memiliki tanggung jawab yang cukup untuk bekerja.

3. Kurang Informasi
Sering kali HRD menanyakan kepada kalian seperti ini :
Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami?

Kadang - kadang kita terlalu banyaknya panggilan interview yang kita hadapi atau panggilan lainnya hingga kita lupa akan informasi perusahaan tersebut, atau karna kita baru dapat informasi panggilan interviewnya semalam jadi kita belum sempat untuk mencari tahu tentang informasi perusahaan tersebut.

coba bayangkan jika kalian pemilik perusahaan, orang seperti apa yang kalian inginkan apakah orang yang tahu tentang perusahaan kalian atau orang yang cuek seolah tidak perduli dengan profil perusahaan kalian.
secara otomatis kalian pasti memilih orang yang leih perduli dengan informasi perusahaan kalian dibanding yang cuek saja.

 Jadi mulai sekarang bisakan untuk mulai mencari informasi melalui internet atau media sosial lainnya. untuk mencari tahu tentang perusahaan yang ingin kalian lamar.
karna dengan begitu HRD akan lebih menghargai kalian. dan menunjukan seberapa besar minat kalian untuk bekerja diperusahaan tersebut.

4. Tidak Tahu Potensi Diri
Pertanyaan yang sering muncul dalam proses interview adalah mengenai Kelebihan dan Kekurangan kalian. betul ?
Disini kalian harus benar - benar tahu apa yang menjadi kelebihan kalian. jangan coba mengarang atau sekedar mengikuti kriteria yang ada pada lowongan perusahaan tersebut seperti : Jujur, Disiplin, Ulet, Pekerja Keras dll.

nanti ketika ditanya " coba sebutkan kelebihan yang anda miliki?" lalu kalian menjawab "Saya adalah orang yang Jujur, Disiplin, Ulet, Pekerja Keras dll."
tapi ketika ditanya mengenai latar belakang mengenai perusahaan tadi kalian tidak tahu. lalu bagaimana HRD bisa menilai bahwa kalian pekerja keras, karna untuk mencari informasi perusahaan saja kalian tidak mau.
atau kalian datang terlambat. darimana kalian bisa mengatakan bahwa kalian disiplin sedangkan untuk datang saja masih terlambat ?.
Untuk itu kalian harus benar - benar tahu apa yang menjadi kelebihan kalian sesungguhnya.

5. Tidak Bisa Menutupi Kelemahan Kalian 
Perlu ditegaskan! Menutupi kelemahan kalian bukan berarti kalian harus berbohong atau seolah olah kalian tidak mempunyai kelemahan.
Menutupi kekurangan adalah hal yang biasa, anda tetap memiliki kekurangan. tapi kalian tetap bisa menutupi kekurangan kalian dengan kelebihan yang kalian miliki.
contoh misal kalian memiliki kelemahan pelupa.
" Saya memiliki kelemahan pelupa bu. Tapi saya punya kelebihan buk, saya rajin mencatat. jadi jika nanti ibu memberikan saya tugas saya akan mencatatnya dalam suatu buku dan saya atau merekemnya melalui HP saya, jadi saya tidak akan lupa dengan pembicaraan penting yang ibu katakan kepada saya."

Itu adalah contoh kekurangan yang ditutupi kelebihan. jadi kelebihan yang kalian miliki harus bisa menutupi kelemahan yang kalian punya..

6. Tidak punya Kontribusi
Pertanyaan yang selanjutnya adalah pertanyaan yang menjebak ! seperti pertanyaan kontribusi.
"Apa yang ingin kalian lakukan jika kalian lakukan jika kalian bekerja diperusaan ini?" pertanyaan menjebak bukan ?

ini adalah salah satu pertanyaan tentang kontribusi yang berkaitan dengan pengetahuan kalian tentang pekerjaan yang kalian inginkan.
misalnya kalian ingin melamar pada posisi Sales, Kalian harus tahu apa yang sedang dialami pada perusahaan tersebut apakah sedang naik atau sedang turun?

Jika sedang bagus kontribusi yang kalian berikan adalah "Saya akan berusaha bu, ketika saya diterima nanti saya lebih meningkatkan penjualan diperusahaan ibu dengan kelebihan dan keahlian yang sudah saya miliki untuk lebih memajukan penjualan perusahaan yang sudah maju ini."

Itu adalah salah satu kontribusi. ini juga berlaku pada posisi yang lainnya seperti operator produksi, admin dll.
Jadi kalian harus mempersiapkan kontribusi kalian pada posisi yang saat ini kalian lamar.

7. Terlihat Sombong
Sering kali kalian lupa, karna kalian sudah memiliki pengalaman yang cukup, kepintaran yang baik pada saat sekolah maupun kuliah.
sehingga pada saat interview kita menanyakan "Berapa gaji saya bu?"
Kalian memang perlu  mengetahui berapa gaji atau patokan imbalan yang ingin kalian miliki pada saat bekerja. Tapi usahakan jangan terlebih dahulu kalian gaji kalian ketika belum Tanda Tangan Kontrak atau mematok gaji sesuai yang kalian inginkan.

karna ini sangat berakibat fatal untuk proses interview nya dengan kalian mematok gaji yang kalian inginkan. terlebih lagi jika kalian belum memiliki pengalaman pada posisi tersebut.
untuk itu jika kalian masih Fresh Graduate atau belum punya pengalaman pada bagian tersebut, sebaiknya kalian lebih menahan diri untuk tidak menyebutkan patokan gaji yang kalian ingin pada saat ditanya oleh HRD.

Jadi itulah kesalahan - kesalahan yang sering dialami oleh para pelamara pada saat proses interview.

Kesimpulannya adalah : Persiapkan diri kalian baik - baik dan matang - matang sebelum menghadiri panggilan interview. dan jangan lupa untuk baca informasi mengenai perusahaan tersebut lebih dalam lagi agar kalian benar - benar terlihat ingin bekerja pada perusahaan tersebut.

jangan lupa juga sering - sering baca apa saja yang harus dipersiapkan ketika ingin melakukan proses interview melalui internet. karna sudah banyak yang menjelaskan apa saja persiapan yang harus dimiliki ketika ingin melakukan interview sesuai pengalaman yang mereka miliki.
yang terakhir adalah berdoa dan berserah diri kepada tuhan yang maha esa serta meminta doa restu kepada kedua orang tua agar lebih baik lagi :)


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
Kode DFP2