8NquiGm24zTTdA1Cxmb4apg28zzZztBUPptvFDM0
8 Tips Mudah Menghadapi Anak Nakal dan Mengatasinya

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

8 Tips Mudah Menghadapi Anak Nakal dan Mengatasinya

cara mudah mengatasi anak nakal


Tips hadapi anak nakal - Mengatasi anak yang nakal bukanlah suatu hal yang mudah, kita sebagai orang tua harus bisa mendidik anak kita menjadi anak yang soleh ataupun soleha agar kelak bisa bermanfaat bagi orang lain terutama kepada kita sebagai orang tuanya.
namun apa daya jika anak kita terlahir sudah memiliki sifat yang kurang baik terhadap orang tua ataupun kepada orang lain.
mungkin saja itu semua akibat kita sendiri karena semasa muda dulu kita juga menjadi seorang yang nakal dan imbasnya kepada anak kita sendiri.

seperti kata pepatah yang sering kita dengarkan yaitu "Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya" itulah kemungkinan yang bisa terjadi kepada mereka.
tapi jika kita sebagai orang tua merasa semasa muda dahulu tidak berperilaku buruk seperti anak kita sekarang pasti bingung kenapa anak kita bisa senakal itu.
mungkin saja itu semua karena pergaulan anak kita yang tidak baik, karena sebagian besar sifat manusia adalah ketika bergaul diluar rumah.
jadi jika bergaul dengan baik maka kitapun ikut terbawa kepada hal-hal yang baik, begitupun sebaliknya.


Lalu bagaimana jika anak kita sudah terlanjur menjadi anak yang nakal dan sulit untuk mendengar nasihat ataupun nurut kepada kita sebagai orang tuanya ?
Gampang banget, kamu bisa melakukan tips berikut agar kamu bisa berubah sifat anak kamu menjadi lebih baik lagi.
yuk simak baik-baik dibawah ini :

Tips mudah menghadapi anak yang nakal

1. Jangan menggunakan kekerasan

Kekerasan yang kita lakukan kepada mereka bukanya membuat mereka menurut kepada kita justru sebaliknya, dia akan lebih membantah apa perintah kita kepadanya.
kekerasan seperti mencubit, memukul akan membuat pertumbuhan mentalnya menjadi terganggu. karena biasanya anak-anak akan mudah mengingat apa yang dilakukan orang yang sudah menyakiti dirinya hingga besar nanti dan berdampak pada diri kita sendiri sebagai orang tuanya.

Baca juga : Cara mudah cepat hamil 

2. Jangan berteriak didepan anak kita

omongan keras atau teriakan yang kita ucapkan kepada anak kita akan membuat mereka merasa sangat tertekan.
boleh saja kita memarahi anak kita dengan omongan yang sedikit tinggi tapi dengan catatan kita harus memastikan bahwa ucapan yang kita lontarkan itu bersifat menegur, mendidik dan tidak membuat mereka benci kepada kita akibat omongan kita itu.
Lebih baiknya lagi jika kita berbicara dengan nada yang rendah agar mereka lebih tenang dan mau mendengarkan ucapan kita.

3. Jangan menyebut mereka dengan sebutan "anak nakal"

Apa yang kita ucapkan kepada anak-anak akan mudah diserap oleh mereka sehingga membuat mereka berfikir bahwa apa yang kita ucapkan memang sudah menjadi diri mereka.
untuk itu janganlah sekali-kali kita menyebut anak kita dengan sebutan "anak nakal" . sebab seperti yang kita ketahui bahwa ucapan adalah doa.
maka berucaplah dengan kata-kata yang baik kepada anak-anak

4. Bersikap tegas dan konsisten

Bersikap tegaslah sesuai apa yang kita ucapkan, jangan sampai apa yang kita ucap tidak dengan ucapan dan perbuatan kita.
karena jika kita melakukan hal apapun yang tidak sesuai dengan ucapan kita maka kemungkinan besar mereka akan mengikuti kita yang berucap tidak sesuai dengan apa yang kita ucapkan.
mulailah ajari mereka untuk bersikap tegas dan konsistn terhadap apa yang mereka ucap dan perbuat.

5. Berikan contoh yang baik

ketika masih anak-anak mereka biasannya meniru apa yang sedang dikerjakan oleh orang sekitarnya.
ini adalah peluang besar kita sebagai orang tua untuk memberikan contoh yang baik kepada anak kita.
Jadilah sebagai contoh yang baik untuk mereka agar mereka berubah dari "anak nakal" menjadi "anak baik"

6. Buat kesepakatan dengan anak

Buatlah kesepakatan dengan anak kita, dan kesepakatan itu bisa menguntungkan si anak dan si orang tuanya.
dalam artian kita mau menuruti kemauan anak kita, dengan catatan harus sesuatu yang bersifat baik dan anak kita juga harus mau menuruti kemauan kita.
dengan begitu mereka mulai membiasakan diri untuk melakukan hal yang baik.

7. Berikan penghargaan

Apabila seorang anak sedang melakukan kebaikan meskipun kebaikan itu kecil kita harus menghargainya dan memberikan apresiasi terhadap mereka.
karena dengan seperti itu akan membuat mereka berfikir bahwa segala sesuatu kebaikan yang dikerjakan akan lebih berharga meskipun kebaikan itu kecil,
dan seorang anakpun akan lebih sering lagi melakukan kebaikan lainnya karena mereka senang apa yang dia kerjakan dihargai dengan baik.

8. Memahami mereka

Berinteraksi dan pendekatan terhadap anak kita adalah cara terbaik untuk mendidik mereka menjadi lebih baik lagi.
kita harus menjadi pendengar yang baik disaat mereka berbicara agar mereka belajar untuk bisa mendengarkan orang lain.
berikanlah pemahaman kepada mereka bahwa ada yang lebih membahagiakan daripada menjadi anak yang nakal, yaitu menjadi anak yang bisa melakukan kebaikan kepada siapa saja termasuk kepada dirinya.


Itulah penjelasan singkat mengenai tips menghadapi anak yang nakal. mulailah perlahan-lahan mengajari anak kita dengan baik agar ketika sudah besar nanti tidak menjadi orang yang nakal.
sebab jika tidak diajarkan kebaikan sejak dari mereka kecil, maka hanya sedikit harapan untuk mereka bisa berubah menjadi anak yang baik.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post