Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Aplikasi Bantuan Sosial Gratis Tahun 2024 dari Kemensos

Pemerintah mengumumkan lima macam Bantuan Sosial (Bansos) yang tersedia mulai Januari 2024, dengan anggaran mencapai 470 triliun rupiah untuk dibagikan kepada warga Indonesia.

Apabila Anda ingin mengecek apakah Anda memenuhi syarat sebagai penerima Bansos tahun 2024, Anda dapat melakukannya secara daring menggunakan nomor identitas KTP melalui laman resmi Kemensos: cekbansos.kemensos.go.id.


Panduan Cek Bansos 2024 Secara Online dengan KTP

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pemeriksaan bansos 2024 secara daring dengan memanfaatkan nomor identitas KTP:

1. Pertama Buka situs web sah nya Atau Klik Tombol Instal Berwarna Hijau Di Bawah Ini :

2. Isi nomor identitas KTP Anda sesuai petunjuk yang diberikan.

3. Klik atau pilih opsi untuk membuktikan bahwa Anda bukanlah robot dengan menyelesaikan tugas CAPTCHA yang disediakan.

4. Setelah memasukkan nomor KTP dan menyelesaikan tugas CAPTCHA, klik tombol “Cek Bansos” atau pilihan serupa yang tersedia di situs.

5. Tunggu sejenak agar sistem dapat mencari dan memverifikasi data Anda sebagai penerima manfaat program bansos.

6. Setelah pencarian selesai, Anda akan mendapatkan hasil apakah Anda terdaftar sebagai penerima bansos atau tidak. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengecek status sebagai penerima bansos 2024 secara daring menggunakan nomor identitas KTP Anda.

Tetapi, apabila Anda belum terdaftar sebagai penerima bansos pada tahun 2023, Anda bisa mengajukan diri melalui Aplikasi Cek Bansos yang dapat diunduh dari playstore.

Daftar Bansos yang Akan Dicairkan


PKH untuk Daerah 3T

Untuk Mendapatkan Bantuan PKH, Silahkan Klik Tombol Instal Berwarna Hijau  Di Atas.
Keluarga penerima manfaat (KPM) yang tinggal di daerah 3T, yang merujuk kepada daerah terdepan, terpencil, dan terluar, akan menerima penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) melalui kantor pos.
Penyaluran PKH melalui PT Pos dilakukan untuk mencakup daerah-daerah yang mengalami kesulitan dalam mengakses layanan perbankan. Dalam kerangka skema penyaluran PKH melalui Kantor Pos, petugas PT Pos akan dijadwalkan untuk mengirimkan bantuan secara langsung ke rumah masing-masing KPM.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai daftar bansos PKH atau melakukan pengecekan status sebagai penerima manfaat, Anda dapat mengakses tautan berikut:

BPNT atau Program Sembako Tunai

BPNT atau Bantuan Pangan Non-Tunai adalah program bantuan sosial yang memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai kepada keluarga penerima manfaat (KPM) agar dapat memenuhi kebutuhan sembako.
Hingga bulan Maret 2024, jumlah total penerima BPNT telah mencapai 1.145.878 KPM dari total 18,8 juta KPM yang terdaftar.

Bagi KPM yang tinggal di 17 provinsi di wilayah 3T, BPNT akan disalurkan melalui PT Pos. Para penerima BPNT diharuskan untuk menyertakan kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP) sebagai syarat untuk mendapatkan bantuan tersebut, Kemudian silahkan Klik Tombol Instal Berwarna Hijau Dibawah Ini :

Posting Komentar untuk "Aplikasi Bantuan Sosial Gratis Tahun 2024 dari Kemensos"