Iklan Billboard 970x250

Tips Cara Mengerjakan Soal Kraepelin atau Tes Koran

Iklan 728x90

Tips Cara Mengerjakan Soal Kraepelin atau Tes Koran

     Pada soal psikotes yang satu ini, kita dihadapkan dengan satu masalah, yaitu Tes Kraepelin.
Apasih  Tes Kraepelin atau Tes Koran ini ? 

Sebelum kita mengerjakan Soal tes Kraepelin atau yang biasa disebut dengan tes Koran ini,
alangkah baiknya kita harus tau teknik cara mengerjakan soal ini agar kita bisa lolos dalam soal psikotes yang satu ini.
Adapun cara mengerakan soal psikotes ini yaitu kamu menjumlahkan 2 angka yang berdekatan dari bawah keatas dan menulis jawabannya disampingnya dengan benar.
Tujuan psikotes kreplin ini adalah untuk mengetahui bagaimana sikap seseorang tersebut dalam mengerjakan suatu pekerjaan.
apakah dia teliti,konsisten,tahan terhadap tekanan dan cepat dalam mengerjakan suatu pekerjaan dengan benar.

Baca Juga : Cara mengerjakan tes warteg

soal psikotes ini sangat penting, jika anda belum pernah mengerjakan soal ini sebelumnya disuatu perusahaan.
maka yang ada anda hanya mengerjakannya dengan terburu-buru. karna pasti yang anda isi dengan menjumlahkan angkanya setinggi mungkin dengan alasan waktu yang sangat singkat.
namun yang anda lakukan itu adalah salah. karna pada baris selanjutnya dan seterusnya kita hanya diberikan waktu yang singkat untuk mengerjakannya.
untuk itu coba mari kita perhatikan pada contoh gambar berikut.

Tes Kraepelin atau Tes Koran
Gambar 1. Cara Mengerjakan Tes Kraepelin atau Tes Koran



Cara Mudah Mengerjakan Soal Kreplin atau Pauli 

tambahkan angka mulai dari bawah ke atas, seperti contoh 3+1 = 4 , lalu kamu tulis hasilnya ditengah angka tersebut.
Catatan : Jika ternyata kita hasilkan jumlahnya 10 kalian jangan tulis 10 maka yang harus kita tulis angka belakangnya saja.
Contoh : 1+9 = 0 jika 6+8 = 4 dan seterusnya.

Perlu Diketahui :
Bahwa yang dinilai dari soal psikotes ini bukan dari banyaknya angka yang anda jumlahkan melainkan dari Grafik yang anda telah kerjakan.
untuk itu anda harus bisa membuat grafik sebagus mungkin. usahakan grafiknya naik keatas secara perlahan jangan terlalu naik drastis apalagi sampai grafiknya turun.
Karna pada grafik tersebut kalian akan dinilai oleh suatu perusahaan apakah dalam bekerja kalian bisa lebih maju atau tidak.

Baca Juga : Cara mengerjakan tes analog verbal


contoh grafik tes koran
Gambar 2. Contoh Grafik Tes Kraepelin atau Tes Koran


Berikut inilah penilaian dalam pengerjaan tes kraepelin :

1. Jika hasil grafik yang dihasilkan datar, maka kalian akan dinilai sebagai perkerja yang stabil dalam bekerja individu maupun tim.

2. Jika hasil grafik yang dihasilkan naik, maka kalian akan dinilai sebagai pekerja yang semangat dan mempunyai peniningkatan dalam bekerja.

3. Jika hasil grafik yang dihasilkan gelombang, maka kalian akan dinilai sebagai pekerja yang tidak stabil dalam bekerja atau labil. ini akan jadi pertimbangan bagi perusahaan.

4. Jika hasil grafik yang dihasilkan turun, ini sangat bahaya. karna kalian akan dinilai sebagai pekerja yang menunjukan penurunan dalam bekerja dan itu sangat tidak diinginkan di perusahaan tersebut.

INGAT !! dalam pengerjaan soal tes koran ini hanya diberika waktu yang sangat cepat.
untuk itu kita harus cepat,teliti, dan benar dalam mengerjaan tes tersebut. dan terpenting adalah grafik kita harus bagus.

Berikut Tips & Trik cara mengerjakan soal kraepelin :

1. Persiapkan alat tulis yang ingin kita gunakan. Jika menggunakan pulpen usahakan tintanya tidak bocor atau seret saat digunakan.
Jika menggunakan pensil usahakan harus yang masih panjang pensilnya agar nyaman mengerjakannya.  dan kalo perlu siapkan alat tulis cadangan jika ada masalah nantinya.

2. Pada soal tes kraepelin ini, angka yang disediakan jummlahnya sangat banyak, seperti sebesar lembar koran yang kita tahu. itulah sebabnya ini sering disebut dengan Tes Koran.
Cobalah anda berlatih mengerjakan tes kraepelin ini agar terbiasa nantinya jika menghadapi soal psikotes ini di suatu perusahaan.

3. Jangan maksakan diri untuk mengerjakan soalnya sampai diatas paling ujung, apalagi pada deret pertama,
karna pada deret berikutnya anda belum tentu bisa mengerjakan soalnya sampai paling atas lagi.
Trik :
a. Usahakan pada deret pertama kalian hanya hasilkan penjumlahan sedikit dahulu, misalnya 10.
   ( jika masih ada waktu tersisa abaikan  saja )
b. pada deret kedua dan seterusnya usahakan hasil penjumlahannya lebihin satu dari sebelumnya.
   ( ini berguna agar hasil grafik nilai kalian meningkat )

4. Jangan sampai anda melakukan kecurangan dalam mengerjakan soal ini, karna akan malah akan membuat anda menjadi tidak fokus untuk mengerjakannya.

5. kondisi tubuh juga sangat berpengaruh. Sangat dianjurkan anda untuk tidak begadang pada malam harinya dan sarapan pagi juga penting karna sangat mengganggu kerja anda dan tidak fokus sebab kelaparan.

Sekian Tips & Trik Cara Mengerjakan Soal Krapelin dari saya. Mohon maaf jika ada yang kurang atau salah. Karna itu hanya menurut pengalaman saya.
Semoga bermanfaat bagi anda dan bisa di aplikasikan jika mengalami soal seperti ini.
Silahkan bertanya atau beri tanggapan kalian melalui komentar, karna dengan saran dan masukan dari kalian berarti sudah membantu saya untuk selalu terus update hal-hal bermanfaat lainnya.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe untuk update terbaru

Post a Comment

Iklan Tengah Post