8NquiGm24zTTdA1Cxmb4apg28zzZztBUPptvFDM0
7 Cara Mudah Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus Tanpa Ribet

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

7 Cara Mudah Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus Tanpa Ribet

Bagi para orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi seorang yang sukses dan mempunyai masa depan yang cerah.
dengan mempunyai anak yang sukses merupakan suatu kebahagiaan bagi para orang tua karena mereka telah berhasil mendidik anaknya menjadi seorang anak yang berguna bagi dirinya dan orang lain.
akan tetapi semua itu tidak akan pernah terwujud tanpa adanya dukungan dan dorongan dari orang tua yang mendidik anak-anaknya dari semenjak ia lahir.

Pada intinya, peran orang tua sangat penting bagi si anak kedepannya, karena orang tualah yang menentukan anak tersebut harus bergaul dilingkungan seperti apa.
sebab anak-anak tersebut anak mengikuti pergaulan sesuai dengan lingkungan sekitar nya mulai dari lingkungan rumah, lingkungan sekolah, lingkungan bermain, dan dimana saja.
Lingkungan tersebutlah yang menjadikan karakter si anak untuk kedepannya nanti akan menjadi seperti apa.
Untuk itu sebagai orang tua harus lebih memperhatikan bagaimana pertumbuhan anaknya.

Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus


 Tips Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus 


1.Ajarkan Kedisiplinan

Disiplin adalah perilaku yang harus dimiliki oleh semua orang tanpa terkecuali,
karena dengan adanya perilaku disiplin dikehidupan seseorang maka akan membuat orang tersebut lebih mudah dalam melakukan kegiatan apapun.

Berikan kedisplinan kepada anak-anak agar dapat membagi waktu dalam kegiatan yang dilaukakannya.
Anak-anak yang berkebutuhan khusus biasanya sulit untuk mengatur waktunya dalam bermain, dia akan terus bermain tanpa mengenal waktu ataupun kondisi.
untuk itulah orang tua harus memberikan kedisiplinan kepada anak mereka yang memang berkebutuhan khusus tersebut.


2.Jadwalkan kegiatan

Menjadwalkan kegiatan kepada anak berkebutuhan khusus memang sangat penting. karena anak yang berkebutuhan khusus perlu dijadwalkan untuk melakukan kegiatan rutinnya setiap hari dirumah seperti makan, belajar, tidur dll.
namun bagi para orang tua jangan terlalu berlebihan dalam menjadwalkan anak-anak mereka, sebab anak-anak akan mudah berontak jika terlalu dikekang dalam kegiatannya terlebih lagi jika kegiatan tersebut tidak ia senangi.

3.Mengarahkan Pekerjaan Rumah 

Anak yang berkebutuhan khusus biasanya sedikit berbeda dengan yang lainnya, jika anak yang lainnya lebih suka bermain bersama banyak orang tapi anak yang berkebutuhan khusus ini lebih suka dengan kesendirian,
dan hobinya pun juga sedikit berbeda. ia lebih suka bermain dengan alat tulis, gambar, mewarnai dan sejenisnya.

Untuk itu orang tua harus bisa mengatur waktu dan tempat untuk anak-anak mereka dalam melakukan pekerjaan rumah setiap harinya dengan rutin.

4.Kerjasama Dengan Guru

Jika anak berkebutuhan khusus ini duduk dibangku sekolah, ajaklah guru untuk bekerjasama dalam mendidik anak tersebut.
mintalah kepada guru tersebut tugas untuk anak-anak dengan metode yang sekiranya membuat anak berkebutuhan khusus tersebut senang dengan tugas yang diberikan kepadanya.

teruslah berkomunikasi dengan guru tersebut jika anak berkebutuhan khusus ini sedang dirumah melalui telepon atau video call agar si anak ini tahu bahwa guru tersebut akan mendukung dan membantunya.

5.Memberikan Pujian

Semua anak-anak pasti akan sangat senang jika diberikan pujian atau penghargaan baik yang berkebutuhan khusus maupun yang tidak.
karena dengan pujian yang diberikan kepadanya membuat dia merasa bahwa apa yang dilakukannya bagus dan memberikan manfaat untuk orang lain.
hal itu bisa membuat mereka termotivasi dan lebih membuatnya semangat dalam menjalankan apa yang dia lakukan tersebut.

maka dari itu berikanlah pujian kepada anak-anak meskipun apa yang dilakukannya biasa saja.

6.Memberikan Hadiah atau Imbalan

Memberikan hadiah atau imbalan kepada anak-anak berkebutuhan khusus juga sangat perlu dilakukan kepada orang tua mereka atas apa yang dia selesaikan dalam mengerjakan tugas yang diberikan kepadanya.
pemberian hadiah tersebut tidaklah harus dengan materi saja. banyak yang bisa diberikan orang tua kepada anaknya seperti memberikan perhatian khusus, memberikan hiburan yang tidak biasanya dia dapatkan dan masih banyak lagi yang lainnya.

dengan memberikan hadiah atau imbalan kepada anak berkebutuhan khusus akan membuat mereka lebih semangat lagi kedepannya untuk mengerjakan tugas yang diberikan kepadanya.

7. Meringankan Tugasnya

Apabila anak-anak mendapatkan tugas yang kelihatannya berat untuk dilakukannya maka berikanlah keringanan pada tugas tersebut.
karena apabila tugas yang diberikan kepada anak berkebutuhan khusus itu berat maka dia akan malas untuk mengerjakannya.

untuk itu ringankanlah tugas yang diberikan kepada mereka tetapi tidak mengurangi semangatnya untuk menyelesaikan tugasnya.


Begitulah kira-kira hal yang harus disampaikan orang tua kepada anak berkebutuhan khusus, semoga apa yang dikerjakan orang tua kepada anaknya akan berbuah manis untuk masa depannya nanti.
silahkan tentukan pilihan kalian sebagai orang tua tentang masa depan anak-anak. karena orang tua sangatlah berperan penting dalam mendidik mereka yang berkebutuhan khusus.

Cukup sekian mengenai pembahasan tentang bagaimana cara mendidik anak berkebutuhan khusus kali ini.
Semoga bermanfaat untuk para orang tua dan anak-anak mereka.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
Kode DFP2