Inilah 16 Kota Di Indonesia yang Terjangkit Corona, Apakah Kota Mu Termasuk?


Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan ada penambahan 17 kasus positif virus corona atau Covid-19 per Senin (16/3/2020). Tercatat ada 14 kota yang terjangkit corona.
Bertambahnya pasien positif corona pada Senin itu menjadikan jumlah kasus corona di Indonesia mencapai 134 kasus.
”Ada tambahan kasus, sebanyak 17 kasus confirmed positif yang baru," ujar juru bicara pemerintah untuk penanganan Corona di RSPI SS, Jakarta, Senin (16/3/2020), sebagaimana dikutip dari Detikcom.
Yuri tidak seperti biasa menjelaskan data diri pasien. Dia hanya menyebut pasien itu asal pasien yaitu 14 orang dari DKI Jakarta dan masing-masing 1 orang dari Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.
Berdasarkan data yang dikutip dari laman resmi Kemenkes, covid19.kemkes.go.id, disebutkan jumlah orang yang diperiksa terkait Covid-19 sebanyak 1.230 orang.
Kemudian ada 134 orang yang positif corona, 1.083 orang dinyatakan negatif Covid-19, dan 13 orang masih dalam proses pemeriksaan.
Dari pasien positif corona tercatat ada 5 orang yang meninggal. Kemudian yang dinyatakan sembuh sebanyak 8 orang.
Dalam data yang dirilis Kemenkes itu juga disebutkan wilayah atau kota terjangkit virus corona di Indonesia. Yang dimaksud wilayah atau kota terjangkit corona adalah daerah yang melaporkan adanya kasus positif corona atau Covid-19.
Dari data itu ada 16 daerah atau kabupaten atau kota yang terjangkit corona yaitu:
1. DKI Jakarta
2. Bekasi, Jawa Barat
3. Depok, Jawa Barat
4. Cirebon, Jawa Barat
5. Cianjur, Jawa Barat
6. Purwakarta, Jawa Barat
7. Bandung, Jawa Barat
8. Kabupaten Tangerang, Banten
9. Kota Tangerang, Banten
10. Tangerang Selatan, Banten
11. Solo, Jawa Tengah
12. Magelang, Jawa Tengah
13. Pontianak, Kalimantan Barat
14. Manado, Sulawesi Utara
15. Bali
16. Sleman, DIY

Pencegahan Penularan Covid-19

Di laman itu dipaparkan berbagai langkah untuk mencegah penularan Covid-19. Kemenkes meminta masyarakat menerapkan PHBS dan Germas, terutama mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.
Masyarakat diimbau untuk menggunakan masker bila sedang sakit dan membatasi kegiatan sosial. Selain itu, terapkan etika batuk dan bersin yaitu apabila batuk/bersin tutup dengan menggunakan lengan atas bagian dalam atau tisu.
Apabila menggunakan tisu, harus segera dibuang ke tempat pembuangan sampah yang tertutup. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tetap waspada.
”Apabila mempunyai riwayat perjalanan ke negara terjangkit yang sedang mengalami transmisi lokal, lakukan pemantauan kesehatan secara mandiri dan apabila mengalami gejala pernapasan segera ke fasilitas kesehatan, memakai masker dan membatasi kontak dengan orang lain.”
Sumber: Detikcom

1 Response to "Inilah 16 Kota Di Indonesia yang Terjangkit Corona, Apakah Kota Mu Termasuk?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
[ klik disini 2X ] [ close ]