Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Persyaratan dan Berkas Dokumen yang Harus Disiapkan dalam Mengikuti PsikoTes di PT.Suzuki Indomobil Motor

Suzuki-Indomobil-Motor


Sebelum saya berbagi pengalaman tentang bagaimana cara agar masuk dan bekerja di perusahaan Suzuki ini, Saya akan menjelaskan sedikit tentang profil dari perusahaan besar yang ternama tersebut.

Siapa warga indonesia yang tidak kenal dengan perusahaan besar yang bernama SUZUKI ini ?

Suzuki Indomobil Motor ini adalah peruSyarat sahaan asal jepang yang meproduksi kendaraaan - kendaraan seperti sepda motor, mobil, mesin, dan ATV.
sama seperti perusahaan otomotif asal jepang lainnya, Suzuki ini juga menjual suku cadang/sparepart pada kendaraan atau mesin yang dia jual,
dan dia juga menyediakan pelayanan perbaikan pada mesin tersebut diseluruh Indonesia sehingga memudahkan para pelanggan untuk memperbaiki kendaraan mereka jika terjadi masalah pada mesin atau sparepart tersebut.

Balik lagi ketujuan awal yaitu gimana cara agar kita bisa bekerja diperusahaan Suzuki Indomobil Motor dan Persyatan apa saja yang harus disiapkannya.

PT.Suzuki Indomobil Motor ini biasanya membuka lowongan kerja dengan merekrut calon karyawan barunya melalui Bursa Kerja Khusus (BKK) di sekolah-sekolah besar ternama.
dan biasanya kuota yang disediakan oleh sekolah untuk Pt.Suzuki Indomobil Motor ini sangat banyak bisa mencapai ratusan, dan pengalaman saya waktu itu pesertanya adalah sekitar empat ratusan orang.

Jadi bisa dibilang setiap perusahaan ini selalu membutuhkan banyak karyawan baru untuk bekerja diperusahaannya tersebut.
untuk itu ini adalah salah satu peluang besar untuk kalian agar bisa masuk dan bekerja diperusahaan besar ternama yang sudah terkenal diseluruh Indonesia.

Persyaratan Mnegikuti Tes PT.Suzuki Indomobil Motor

1. PRIA

Kebanyakan para pekerja di perusahaan ini adalah seorang pria.
mengapa demikian ? karena pekerjaannya berat sehingga untuk bisa mengoperasikan mesin-mesin tersebut harus memiliki tenaga yang cukup kuat.
jadi, para lelaki lah yang mampu untuk mengoperasikan mesin-mesin yang ada pada perusahaan ini.
tapi bukan berarti karyawan di Pt.Suzuki ini semuanya lelaki, ada beberapa karyawannya yang perempuan yang bisa mengoperasikan mesin-mesin yang memang cukup ringan dan bisa dikerjakan oleh perempuan.

2. Lulusan Sekolah Menengah Keatas (SMK)

Syarat selanjutnya yaitu kalian harus lulusan SMK yang berjurusan :

  • Otomotif 
  • Teknik Komputer dan Jaringan
  • Instalasi Listrik
  • Mesin Perkakas


mengapa hanya lulusan smk saja yang dipilih dan jurusannya juga terpilih ?
Untuk masalah itu saya sendiri kurang paham mengapa demikian, namun yang pasti menurut analisa yang saya baca adalah si perusahaan tersebut ingin mempunyai karyawan dengan basic yang kuat karena akan berhadapan dengan mesin-mesin yang bisa dibilang berat untuk dikerjakan.

3. Usia Maksimal 20 Tahun

Untuk usia yang diterima di PT.Suzuki maksimal adalah 20 tahun, karena perusahaan tersebut ingin membuka peluang besar kepada anak muda yang ingin mempunyai karir yang bagus semasa hidupnya dengan bekerja diperusahaan besar ternama ini.

ada juga yang berusia maksimal 23 tahun bisa diterima kerja diperusahaan ini, yaitu dia yang memiliki (SIO Forklift dan SIM A) untuk ditempatkan dibagian Forklift ataupun sebagai Driver.

4. Tinggi Badan Minimal 165 CM

Sudah sangat umum sekali bila perusahaan menetapkan batas tinggi seorang pelamar, karena mereka tahu bahwa tinggi badan juga mempengaruhi pekerjaannya,
jadi setiap perusahaan pasti mempunyai batas minimal tinggi badan yang harus dipenuhi.

5. Sehat Jasmani & Rohani

Siapa mau perusahaan mempunyai karyawan yang penyakitan ? setiap perusahaan pasti menginginkan para karyawannya dalam kondisi sehat wal afiat dalam jasmani maupun rohani nya.
untuk itu biasanya perusahaan selalu mengadakan tes Medical Check Up (MCU) sebelum akhirnya memasuki proses selanjutnya.

Jadi, untuk kalian yang ingin bekerja diperusahaan bonafit seperti PT.Suzuki ini kalian harus sering-sering berolahraga dan menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat terjaga.

6. Nilai Rata-rata Ijazah Minimal 70

Sering anak muda jaman sekarang berfikiran bahwa nilai sekolah tidak menjamin mereka untuk sukses dimasa mendatang.
namun nyatanya tidak, karena untuk masuk kerja diperusahaan-perusahaan juga harus mempunyai nilai yang diinginkan oleh perusahaan tersebut dan biasanya nilai tersebut tidak kecil.

Untuk itu jika kalian berfikiran kalau nilai ijazah tidak menjamin sukses maka kalian akan salah besar, sebab nilai tersebut adalah cerminan dari diri kita dimasa yang akan datang.

7. Akreditasi A

Memang tidak semua perusahaan mementingkan persoalan akreditasi pada sekolah yang sebelumnya sudah dilampaui oleh para pelamar.
karena bisa dibilang ini tidak berpengaruh terhadap kinerja pelamar yang ingin bekerja diperusahaan yang dilamarnya.

Namun yang pasti diperusahaan PT.Suzuki ini, sekolah yang kalian selesaikan harus berakreditasi 'A' dan harus membawa bukti berupa (Print)

Itulah beberapa persyaratan awal yang harus ada pada diri kalian untuk bisa mendaftarkan diri sebagai calon karyawan baru di PT.Suzuki Indomobil Motor.

Persyaratan tersebut sesuai dengan pengalaman saya ketika ingin mengikuti tes menjadi caon karyawan baru PT.SUZUKI di Bursa Kerja Khusus(BKK) SMKN 3 KOTA BEKASI.


Persyaratan-Suzuki-Indomobil-Motor


Oke baik jika kalian merasa sudah memenuhi persyaratan diatas tersebut, langsung saja mendaftar apabila ada BKK disekolah manapun yang sedang membuka lowongan untuk PT.SUZUKI INDOMOBIL MOTOR. karena biasanya persyaratannya sama saja seperti yang sudah dijelaskan diatas untuk dibagian Operator Produksi.

Apabila kalian sudah menemukan BKK sekolah yang membuka lowongan kerja di PT.SUZUKI tersebut, kalian harus mempersiapkan dokumen yang diminta oleh PT.SUZUKI ini untuk berjaga-jaga kedepannya.

Berkas Dokumen yang Disiapkan untuk Tes PT.SUZUKI

1. Surat Lamaran Kerja
2. Daftar Riwayat Hidup (CV)
3. Foto Copy Ijazah SMK/SMA (Dilegalisir Asli)
4. Foto Copy Transkip Nilai ( Dilegalisir Asli)
5. Foto Copy SKHUN (Dilegalisir Asli)
6. Pas Foto 4x6 dan 3x4 masing-masing 2 lembar (Background Merah)
7. Foto Copy KTP yang masih aktif 2 lembar (ukuran Diperbesar menjadi 150% dan dipotong seukuran KTP tersebut)
8. Foto Copy Nomor Rekening BCA 1 lembar (Ukuran Diperbesar menjadi 150% dan dipotong seukuran Nomor Rekening tersebut)
9. Foto Copy NPWP 1 lembar (Ukuran Diperbesar menjadi 150% dan dipotong seukuran NPWP tersebut)
10. Foto Copy Kartu Keluarga (KK) 1 lembar
11. Foto Copy Akte Kelahiran 1 lembar (Dilegalisir Asli di Catatan Sipil)
12. SKCK yang masih aktif 1 lembar (Dilegalisir Asli)
13. Foto Copy Kartu Tanda Pencari Kerja dari DisNaKer 1 lembar (Dilegalisir Asli)

Berkas-Dokumen-Suzuki-Indomobil-Motor


Dari beberapa berkas dokumen yang harus disipkan untuk mengikuti tes PT.SUZUKI ini apakah ada diantar kalian ada yang merasa kesulitan dengan dokumen tersebut ?
mungkin dari beberapa kalian ada yang bertanya.

Kenapa harus ada legalisir asli di foto copy tersebut?
Jika ada salah satu dari berkas tersebut tidak dilegalisir bagaimana ?

oke untuk mengenai hal tersebut, mengapa perusahaan meminta kalian harus melegalisir beberapa dokumen penting ini.
karena memang perusahaan ini tidak ingin ada oknum tidak bertanggung jawab yang sudah memalsukan dokumen tersebut.

Jadi untuk itu jika kalian memang merasa tidak memalsukan dokumen penting tersebut, caranya cukup mudah.
apabila sedang pemberkasan dan kalian tidak mempunyai legalisiran dari Foto Copy yang harus dilegalisir ini adalah kalian hanya dengan menunjukan dokumen aslinya kepada HRD nya untuk meyakinkannya bahwa kalian memang benar-benar asli mempunyai dokumen itu.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara bagaimana agar bisa masuk kerja dan persyaratan apa saja yang harus disiapkan untuk bisa masuk di perusahaan PT.SUZUKI INDOMOBIL MOTOR ini.
semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk kalian dalam mengikuti tes di PT.SUZUKI yang ternama ini.

Terimakasih sudah berkunjung di artikel ini, silahkan berkunjung diartikel lainnya untuk mendapatkan pengetahuan yang mungkin saja belum kalian ketahui sebelumnya.

Posting Komentar untuk "Persyaratan dan Berkas Dokumen yang Harus Disiapkan dalam Mengikuti PsikoTes di PT.Suzuki Indomobil Motor"