Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian serta perbedaan Domain dan Hosting pada sebuah website

perbedaan domain dan hosting


Domain dan Hosting pasti sudah banyak diketahui oleh kalangan banyak orang diluar sana terutama buat para blogger hal ini sudah tidak asing lagi didengar.
karena Domain dan Hosting adalah salah satu jaringan yang sudah banyak digunakan diseluruh dunia tak terkecuali di Indonesia sendiri.
walaupun Domain dan Hosting ini berbeda namun 2 hal ini memiliki hubungan yang terkait didalamnya.

nah, bagi para blogger pasti sudah mengetahui kegunaan dari Domain dan Hosting itu sendiri.
Jika kalian mempunyai alamat website atau blog biasanya kalian sudah disediakan domain bawaan seperti www.contoh.blogspot.com
namun meskipun kita sudah diberikan domain itu sendiri, tetapi rasanya belum cukup jika hanya dapat dari bawaan itu sendiri.

Pengertian dan perbedaan dari Domain dan Hosting website


Untuk kalian yang belum mengerti dan kurang jelas apa itu pengertian dan perbedaan dari domain dan hosting, mari simak baik baik dibawah ini

1. Pengertian dari Domain

Pengertian serta perbedaan Domain dan Hosting pada sebuah website

Apasih yang dimaksud Domain ? Domain adalah sebuah nama alamat yang digunakan untuk mengakses situs sebagai pengganti alamat IP Address kalian sebelumnya agar lebih simple dan mudah dipahami.
tapi perlu kalian ingat, domain hanyalah nama alamat saja. jadi kalau kalian ingin membeli domain dipastiikan kalian sudah mempunyai alamat blogspot terlebih dahulu.
Jika belum memiliki alamat blogspot silahkan untuk membuatnya terlebih dahulu.

contoh domain tersebut biasanya yang berakhiran kata :


  • .com
  • .co.id
  • .id
  • .net
  • .org
  • dan masih banyak lagi


Bagi kalian yang ingin mempunyai domain seperti diatas, kalian bisa membeli nya kepada jasa penyedia layanan domain dan hosting yang banyak tersebar luas di internet ataupun media sosial.
untuk harga domain tersebut beraneka ragam tergantung kualitas domain dan dimana kalian membeli domain tersebut. karena biasanya setiap penjual domain dan hosting memiliki harga dan kualitas yang berbeda beda.

Perlu dipahami! Jika kalian ingin membeli sebuah domain, pastikan kalian membelinya di penyedia layanan yang recomended atau sudah terpecaya.
karena itu sangat berpengaruh pada website kalian kedepannya. sebab alamat domain yang kita beli biasanya tidak selamanya aktif, paling hanya sekitar 1-2 tahun saja.
dan jika kita melakukan perpanjangan domain tersebut maka website kita akan mengalami masalah pada domainnya dan bisa menyebabkan efek buruk pada website kita sendiri.

2. Pengertian Hosting

Pengertian serta perbedaan Domain dan Hosting pada sebuah website

sedangkan Hosting itu adalah server atau tempat penyimpanan data-data komputer berbentuk file yang dibuat, file tersebut bermacam-macam seperti gambar, video, teks, aplikasi dll.
Server hosting ini sendiri terbentuk dari sebuah komputer yang mesinnya terdapat hardware yang mempunyai spesifikasi paling bagus.

Perumpamaan Hosting itu bisa dicontoh kan seperti ini :
Hosting adalah sebuah pasar dan domain adalah ruko yang terdapat dipasar tersebut.
jika ingin menyewa hosting sama seperti kalian menyewa ruko itu.
karena hosting adalah tempat penyimpanan file-file, sama halnya ruko adalah tempat penyimpanan barang-barang.


Bagaimana dan dimana tempat untuk membeli domain dan hosting ?

Sebenarnya banyak sekali tempat-tempat diluaran sana yang menjual domain dan hosting, ada yang dari luar negri ataupun dari dalam negri.

Namun perlu diingat sekali lagi, Jangan coba-coba anda membeli sebuah domain dan hosting di tempat atau orang yang belum terbukti asal usul dari domain dan hosting tersebut.
karena sudah banyak kejadian mereka para penjual yang nakal menjual domain dan hosting secara Ilegal atau curang. dan untuk mengetahuinya biasanya mereka menjualnya dengan harga yang murah yang tidak sesuai logika.

Tapi tenang, anda tidak perlu khawatir. karna saya akan memberikan tempat atau situ yang menjual domain atau hosting secara Legal.
Berikut ini adalah salah satu situs terpercaya tempat menjual domain dan hosting :

  • namecheap.com
  • idwebhost.com
  • niagahoster.co.id
  • indowebsite.id
  • dewaweb.com
  • hostgator.com
  • Dll


Masih banyak lagi situs situs yang menyediakan layanan domain dan hosting yang tersebar luas diinternet, anda bisa memilih diantara pilihan diatas dan ikuti langkah-langkah dalam pembelian domain dan hosting tersebut dengan berbagai macam harga yang tersedia sesuai jenis pilihan domain (.net, .com, .id dll) dan juga sesuai spesifikasi dari hosting tersebut.


Mengapa harus memilih pilihan diatas ? 
Karena menurut saya situs situs diatas adalah situs yang mempunyai rating yang tinggi serta reputasinya juga baik sehingga memberi pelayanan yang sangat memuaskan bagi pelanggannya.
 dan situs diatas tersebut juga sering dijadikan pilihan oleh website-website ternama untuk memberikan domain dan hosting terbaik mereka.

Itulah sedikit tentang perbedaan domain dan hosting juga situs tempat untuk membeli domain dan hosting terpercaya dan terjamin.
silahkan baca-baca lagi jika memang apa yang disampaikan ada yang salah atau kurang dimengerti, karna apa yang disampaikan sebagian menurut pengalaman pribadi.

Posting Komentar untuk "Pengertian serta perbedaan Domain dan Hosting pada sebuah website"