Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kegiatan yang sebaiknya dihindari ketika sedang berpuasa

yang tidak boleh dilakukan ketika sedang berpuasa


Bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi para kaum muslimin dan muslimat.
karena pada bulan suci ini dapat menghapus segala dosa-dosa yang telah lalu diperbuat baik dosa kecil maupun dosa besar, sebab bulan ramadhan ini adalah bulan yang penuh dengan ampunan dan pahala.
bagaimana tidak, segala sesuatu yang dikerjakan dibulan ramadhan ini semuanya bernilai ibadah asalkan apa yang dikerjakannya mengandung hal yang positif.

Dibulan ramadhan ini juga diwajibkan bagi seluruh muslim untuk berpuasa full 1 bulan selama bulan ramadhan.
puasa dibulan ramadhan ini sama halnya seperti puasa pada hari-hari yang lain yaitu tidak makan & minum dari waktu sahur sampai dengan berbuka puasa pada saat adzan maghrib.
Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari puasa dibulan suci ramadhan ini. bukan hanya pahala yang didapatkan, melainkan kesehatan pun juga dapat dirasakan oleh mereka yang melakukan puasa.

Namun ketahuilah ada sesuatu hal yang sebaiknya atau jangan sampai kita lakukan pada saat sedang berpuasa.
ya, salah satunya memang tidak boleh makan & minum karena itu memang yang harus dilakukan pada saat berpuasa dengan tidak makan & minum sampai waktu berbuka telah tiba.
jika kita melakukan makan & minum pada saat sedang berpuasa maka puasa yang kita lakukan batal.

Hal yang gaboleh dilakukan saat sedang berpuasa


Jangan bekerja dibawah terik matahari

Bagi anda yang memang bekerjanya di outdoor atau luar ruangan sebaiknya dipikir-pikir lagi apakah tetap lanjut bekerja diarea outdoor dalam keadaan berpuasa atau tidak berpuasa dulu.
sebab jika bekerja diarea outdoor sambil berpuasa akan membuat tubuh menjadi dehidrasi.
meskipun pekerjaan yang dilakukan tidak terlalu berat akan tetapi jika sudah terkena sinar matahari membuat cairan menguap lewat kulit dan tidak lama kemudian akan menyebar keseluruh tubuh yang akhirnya membuat tubuh tersebut dehidrasi.

untuk itu pertimbangkan lagi apakah sebaiknya tidak berpuasa ketika sedang bekerja di area outdoor atau tetap melakukan puasa.

Jangan Berolahraga terlalu berat


Olahraga adalah salah satu cara terbaik dalam menyehatkan tubuh manusia. namun apakah pada saat berpuasa olahraga masih menjadi pilihan ?
untuk anda yang sering olahraga rutin setiap harinya sebaiknya dihentikan dahulu atau dikurangi olahraganya pada saat sedang berpuasa, apalagi kalau olahraganya terlalu berat seperti marathon, nge-gym, dan sebagainya.

Mengapa demikian ? karena jika anda melakukan olahraga pada saat berpuasa otomatis anda merasa kelelahan dan butuh minum untuk menghilangkan rasa lelah tersebut.
Olahraga menyebabkan kehilangan cairan pada tubuh seseorang, jadi untuk menggantinya maka diperlukan air minum, Jika tidak digantikan cairan tubuh tersebut akan membahayakan pada diri seseorang tersebut.

Jangan minum minuman yang manis saat mau berpuasa


Menurut para dokter & yang lainnya, minum-minuman yang manis pada saat ingin berpuasa dapat membuat tubuh manusia merasa cepat haus kembali.
karena pada minuman yang manis menghasilkan kadar gula yang sangat tinggi sehingga membuat tubuh merasa cepat haus.

minuman yang biasa dikonsumsi sebelum puasa atau pada saat sahur adalah teh manis & Sirup.
minuman tersebut memang terlihat bisa membuat seseorang lebih semangat dalam menjalankan puasanya, padahal minuman itulah yang malah menyebabkan seseorang mudah cepat merasakan kehausan dalam menjalankan puasanya.

Jadi jika ingin melakukan puasa sebaiknya minum air mineral hangat sebanyaknya kisaran satu hingga dua gelas agar bisa menjaga organ tubuh yang tidak menerima asupan apapun selama kurang lebih 12 jam.


Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak 


Kebiasaan orang Indonesia pada saat berbuka puasa adalah makan makanan yang berminyak seperti gorengan, ini sudah sering terjadi diberbagai seluruh daerah.
makan makanan yang berminyak pada saat berbuka puasa memang dibilang termasuk bahaya, karena bisa menyebabkan radang tenggorokan.

untuk itu sebaiknya ditahan dahulu makan makanan yang berminyak nya pada saat berbuka puasa. konsumsilah makanan yang kadar minyaknya rendah atau bahkan tidak ada seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan sejenisnya.


Jangan minum minuman yang mengandung kafein


Minum minuman yang mengandung kafein akan membuat manusia akan lebih sering ingin buang air kecil, dan itu akan menyebabkan seseorang kekurangan cairan pada tubuh dan menyebabkan merasakan kehausan.

untuk itu gantilah minuman yang mengandung kafein dengan minuman yang biasa saja guna menjaga kekurangan cairan pada tubuh.

Jangan tidur setelah makan


Hal yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang ketika ingin berpuasa adalah tidur setelah selesai makan agar puasanya tidak terasa lama.

namun tahukah anda jika langsung tidur sehabis makan bisa membuat tidur anda tidak bagus, bahkan dapat menyebabkan penyakit serius seperti stroke.
untuk itu hindarilah tidur setelah makan, kalaupun ingin tidur sebaiknya tunggu beberapa jam dulu sampai makanan tersebut benar-benar turun kedalam perut.

Mungkin itulah beberapa hal yang gaboleh dilakukin seseorang pada saat berpuasa atau hendak ingin berpuasa.
silahkan beri pendapat anda mengenai hal tersebut. tambahkan jika ada sesuatu yang kurang disampaikan pada kolom komentar dibawah.

yang tidak boleh dilakukan ketika puasa

Posting Komentar untuk "Kegiatan yang sebaiknya dihindari ketika sedang berpuasa"